SAYURAN DAUN KELOR


 A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR

Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau kecokelatan. Bentuknya kecil dan bundar seperti telur dengan tepi daun yang rata. Manfaat daun kelor paling populer adalah melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Ini berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya berupa kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin A, B, dan C.

 B. MANFAAT SAYURAN DAUN KELOR

Daun kelor atau tanaman Moringa oleifera adalah tanaman asli India utara yang juga dapat tumbuh di daerah tropis, seperti di negara-negara tropis Asia dan Afrika.

Selama berabad-abad, dikutip dari WebMD, manfaat kelor telah digunakan ke dalam berbagai pengobatan tradisional. Tidak hanya daun, tetapi juga buah, bunga, biji dan akar tanaman kelor.

Dalam pengobatan tradisional, manfaat daun kelor atau bagian tanaman kelor lainnya telah digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit berikut.

  1. Diabetes
  1. Peradangan
  1. Infeksi bakteri, virus dan jamur
  1. Nyeri sendi
  1. Mengobati berbagai masalah kesehatan jantung
  1. Kanker

Daun kelor muda diyakini sangat bergizi, sehingga seringkali dikonsumsi mentah. Sebab, daun kelor muda mengandung zat besi, potasium, dan vitamin C.

Manfaat daun kelor atau seluruh bagian tanaman Moringa oleifera ini juga digunakan dalam pembuatan kosmetik hingga parfum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...