SAYURAN TERONG


A. PENGERTIAN SAYURAN TERONG

Terung atau Terong (Solanum melongena) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.

Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10–20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang Sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.

B. MANFAAT SAYURAN TERONG

Berikut beberapa manfaat dari sayuran terong bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu:

1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi terong ungu dapat membantu tubuh dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Selain itu, sayuran ini juga dapat menjaga pencernaan tetap sehat. Bahkan, terong juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bersamaan.

2. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh. Sebab, kerusakan ini dapat mengganggu fungsi sel normal serta menimbulkan peradangan pada tubuh, disebut juga dengan radikal bebas.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat terong ungu lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sebab, terong kaya akan kandungan potasium, kalsium, serta vitamin K, berbagai zat yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Konsumsi terong secara rutin bisa jadi menurunkan risiko osteoporosis.

4. Menurunkan Kolesterol

Tidak banyak orang yang tahu jika salah satu manfaat terong ungu adalah menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh. Hal ini disebabkan kandungan nasunin yang tinggi, serta telah terbukti dapat menjaga kadar kolesterol di ambang normal.

5. Menurunkan Berat Badan

Terong juga cocok untuk dikonsumsi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran ini dapat membantu menyehatkan pencernaan dan penurunan berat badan

C. KANDUNGAN YANG ADA DI SAYURAN TERONG

Berikut Beberapa kandungan yang ada didalam sayuran Terong 

- Kalori

- Protein 

- Karbohidrat 

- Serat

- Lemak

- Asam folat

- Vitamin A

- Vitamin C,

- Vitamin K

- Kalium, 

- Kalsium, 

- Zat besi

- Magnesium


“Terong ungu adalah salah satu makanan yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, salah satu manfaat terong ungu yang bisa dirasakan adalah pencernaan yang lebih lancar.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...