SAYURAN BROKOLI

 


 A. PENGERTIAN BROKOLI

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

B. MANFAAT BROKOLI

Berikut adalah beberapa manfaat dari sayuran brokoli bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu:

1. Mencegah kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang cepat dan sering berkaitan dengan stres oksidatif. Brokoli sarat dengan senyawa yang kabarnya dapat melindungi tubuh dari kanker.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Misalnya berperan dalam pembentukan asam empedu, yang membantu mencerna lemak. Namun, kadar yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatan. 

3. Menjaga kesehatan mata

Dua dari karotenoid utama dalam brokoli, yaitu lutein dan zeaxanthin, berkaitan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia. Selain itu, brokoli mengandung beta karoten, yang akan tubuh konversi menjadi vitamin A. 

4. Baik untuk jantung

Menurut jurnal ilmiah berjudul Steam cooking significantly improves in vitro bile acid binding of collard greens, kale, mustard greens, broccoli, green bell pepper, and cabbage yang terbit di Nutrition Research, menyebutkan konsumsi brokoli kukus secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5Mendukung keseimbangan hormonal

Sayur ini juga, mengandung senyawa tanaman indole-3-carbinol (I3C). Senyawa ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan mengatur kadar estrogen. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Senyawa glutathione pada sayuran yang masuk jenis kubis-kubisan ini dapat mendukung kesehatan usus. Pada akhirnya, secara signifikan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi.

C. KANDUNGAN YANG ADA DI BROKOLI

- Kalori: 35.
- Protein: 2,3 gram.
- Karbohidrat: 5,6 gram.
- Serat: 2,2 gram.
- Vitamin C: 91 
- Lemak: 0,3 gram.
- Vitamin K: 77 


“Sayuran ini dikenal sebagai menu terbaik untuk diet. Bukan hanya baik dalam hal menurunkan berat badan, beberapa manfaat super lainnya adalah melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan mata.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...