SAYURAN CAISIM

 

A. PENGERTIAN SAYURAN CAISIM

Sawi hijau adalah salah satu sayuran daun populer di Indonesia. Nama lainnya adalah sawi bakso (karena menjadi sayuran daun pendamping dalam penyajian bakso) atau caisim/caisin (dari nama bahasa Kanton 菜心, choy sum, yang harafiah berarti "hatinya sayur"). Jenis sawi lain yang juga kadang-kadang disebut sawi hijau adalah pakcoy/petsai atau sawi sendok.

B. MANFAAT SAYURAN CAISIM

1. Sumber Antioksidan

Sawi memiliki kandungan antioksidan tinggi yang diperlukan tubuh. Adanya vitamin A dan C serta senyawa-senyawa lainnya, membuat sawi caisim jadi salah satu jenis sayuran bercita rasa lezat yang ampuh menangkal radikal bebas sekaligus melindungi sel tubuh dari potensi kerusakan.

2. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat mengkonsumsi sawi secara rutin digadang-gadang mampu mengeluarkan racun yang tersimpan di dalam tubuh. Saat kita sedang beraktivitas, kita tidak bisa mengontrol sepenuhnya makanan dan minuman apa saja yang masuk ke dalam tubuh.


3. Menjaga Sistem Imun


Pada dasarnya, sistem imun berguna untuk melindungi tubuh sekaligus melawan semua patogen yang mungkin menimbulkan infeksi. Sistem imun manusia bisa terjaga, dan bahkan meningkat, saat asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh terjamin gizinya.

Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang tinggi pada sawi dapat mencegah terjadinya kanker. 


4. Mencegah Kanker


Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang tinggi pada sawi dapat mencegah terjadinya kanker. Dan lagi, sawi memiliki suatu komponen bertajuk glucosinolate yang bagus untuk menangkal pertumbuhan berbagai macam sel kanker.


5. Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin


Hal ini dikarenakan sawi bisa meningkatkan asupan asam folat, dimana kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan untuk ibu hamil dan tumbuh kembang janin.



“Setiap jenis sayuran memiliki manfaatnya sendiri. Begitu pula dengan sawi yang hadir dengan warna hijau dan putih. Sayuran yang berasal dari kawasan Himalaya sejak lebih dari 5.000 tahun silam ini dibudidayakan pertama kali di wilayah Sichuan, Tiongkok.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...