SAYURAN KUBIS/KOL

 


A. PENGERTIAN KOL

Kubis atau Kol (terdiri dari beberapa kelompok kultivar dari Brassica oleracea) adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran untuk kepala padat berdaunnya. Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var, oleracea, kubis lapangan liar. Kepala kubis umumnya berkisar 05 hingga 4 kilogram (10 hingga 9 pon), dan dapat berwarna hijau, ungu dan putih. Kubis hijau berkepala keras berdaun halus adalah yang paling umum, dengan kubis merah berdaun halus dan kubis savoy berdaun crinkle dari kedua warna terlihat lebih jarang. Kubis adalah sayuran yang berlapis-lapis. Dalam kondisi hari diterangi matahari panjang seperti yang ditemukan di garis lintang utara di musim panas, kubis dapat tumbuh jauh lebih besar. 

B. MANFAAT KOL

Berikut beberapa manfaat sayuran kol bagi kesehatan tubuh yaitu:

1. Menurunkan peradangan dalam tubuh

Sayur kol memiliki kandungan anthocyanin, yang merupakan antioksidan alami. Antosianin tidak hanya menambah warna pada buah dan sayuran, tetapi juga dapat mengurangi peradangan pada tubuh manusia.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan pencernaan, kubis yang kaya serat adalah pilihan makanan sehat yang bagus. Sebab, sayuran renyah ini penuh dengan serat tidak larut yang ramah usus, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dipecah di usus. 

3. Mengoptimalkan kekebalan tubuh

Sayur ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang terbukti memiliki sejumlah manfaat pada tubuh. Misalnya seperti membantu membuat kolagen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C juga berperan penting dalam membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan nabati.

4. Menjaga kesehatan jantung

Selain melawan peradangan, anthocyanin yang ditemukan dalam kubis juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan tekanan darah

Kubis menjadi salah satu sayuran yang mengandung potasium cukup tinggi. Memenuhi kebutuhan potasium membuat tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

C. KANDUNGAN NUTRISI DALAM SAYUR KOL

  • - Kalori: 22 kkal. 
  • - Protein: 1 gram.
  • - Serat: 2 gram. 
  • - Vitamin K: 56 persen dari angka kebutuhan harian (DV).
  • - Vitamin C: 36 persen dari DV.
  • - Folat: 10 persen dari DV.
  • - Mangan: 6 persen dari DV.
  • - Vitamin B6: 6 persen dari DV.
  • - Kalsium: 3 persen dari DV.
  • - Kalium: 3 persen dari DV.
  • - Magnesium: 3 persen dari DV

“Sayur kol menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup mudah untuk kamu temukan. Sayuran ini juga bermanfaat untuk menurunkan peradangan tubuh, menurunkan kolesterol, hingga menjaga kesehatan jantung.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...