SAYURAN SAWI


A. PENGERTIAN SAWI

    Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari genus brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih(Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. 

    Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). kalian (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mie goreng. sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.Jenis sawi sendok ini lebih cocok untuk ditumis.

B. MANFAAT SAWI

Manfaat sawi bagi kesehatan sangat beragam, seperti sumber antioksidan bagi tubuh, detoksifikasi tubuh, mengelola kadar kolesterol, memasok serat dan manfaat lainnya. Berikut Adalah Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Yaitu:

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa tanaman alami yang membantu melindungi tubuh terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas

Manfaat sawi juga baik untuk sistem kekebalan tubuh Moms dan keluarga karena mengandung vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan penting untuk sistem kekebalan yang kuat.

3. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Manfaat sawi selanjutnya adalah untuk kesehatan jantung, karena sarat dengan antioksidan seperti flavonoid dan beta karoten. Dua senyawa ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan dan kematian akibat Penyakit Jantung.

4. Menurunkan kadar Kolestrol

Seperti sayuran hijau lainnya, manfaat sawi mengandung senyawa yang membantu mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan seseorang. Ini penting, karena mencegah reabsorpsi asam empedu juga akan berkaitan dengan Penurunan Kadar Kolestrol.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Salah satu antioksidan dalam sawi adalah lutein dan zeaxanthin, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata. Secara khusus, kedua senyawa ini membantu melindungi retina seseorang dari kerusakan oksidatif, serta menyaring cahaya biru yang berpotensi berbahaya.

6. Memiliki Efek Anti Kanker

Selain sumber antioksidan yang kuat, manfaat sawi juga berpotensi memiliki efek antikanker, mengingat sayuran sawi juga mengandung senyawa berkanfaat yang disebut glukosinolat.

7.Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Tubuh seseorang mungkin menumpuk racun dari waktu ke waktu. Hal ini bisa dari makanan yang dimakan atau pengaruh lingkungan pada tubuh.

8. Kaya Serat

Serat menjaga tubuh dan memberikan momentum untuk mengubah makanan menjadi energi. Serat makanan ini ditemukan dalam sayuran sawi. Karena itu, manfaat sawi dapat mengganggu penyerapan kolesterol jahat di usus.

9. Sumber Fitokimia

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber fitonutrien kuat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Senyawa ini melakukan mekanisme melindungi tanaman dan tubuh manusia dari penyakit dan gangguan lingkungan.

10. Mengobati Psioriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun, inflamasi, kronis, dan peradangan. Lesi yang disebabkan oleh psoriasis dapat diobati dengan sawi.


"Maka Dari Itu Kita Harus Banyak Mengkonsumsi Sayur-Sayuran "

Karena Banyak Manfaat Yang Terkandung Di Dalam Sayuran Contohnya 

yaitu Sayuran Sawi Yang telah Saya Jelaskan Di Atas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...