SAYURAN DAUN PEPAYA


 A. PENGERTIAN DAUN PEPAYA

Daun pepaya adalah daun yang berasal dari tumbuhan pepaya (Carica papaya). Daun pepaya muda kerap diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia. Disamping dapat diolah menjadi makanan, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia. Apabila daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka akan tampak bahwa daun pepaya berbentuk simetris.

B. MANFAAT DAUN PEPAYA

Daun pepaya mengandung senyawa tanaman unik yang telah menunjukkan potensi farmakologis yang luas. Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan:

  1. Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu kegunaan daun pepaya yang paling populer adalah sebagai obat untuk gejala demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui nyamuk. 
Penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. Meskipun belum ada obat khusus untuk demam berdarah, beberapa perawatan tersedia untuk mengelola gejalanya, salah satunya adalah daun pepaya.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Hal ini karena daun pepaya memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah daun pepaya dapat digunakan untuk membantu mengelola kadar gula darah tinggi pada manusia.

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala masalah pencernaan, seperti perut kembung. Hal ini karena daun pepaya mengandung serat dan senyawa unik yang disebut papain.

Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Itulahh sebabnya daun pepaya juga sering disunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun pepaya sering dikonsumsi sebagai makanan atau dioleskan ke kulit sebagai cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda.

Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati. Ini juga berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam, dan jerawat.

C. KANDUNGAN DALAM DAUN PEPAYA

dalam setiap 100 gram daun Pepaya terdapat kandungan sebagai berikut:

1. Energi

Pada 100 gram daun Pepaya terkandung Energi sebanyak 79 kkal. Kandungan ini nantinya bermanfaat membantu mencukupi kebutuhan Energi kamu setiap harinya.

2. Protein

Selain punya kandungan Energi, kamu juga bakal menemukan kandungan Protein sejumlah 8 gram. Kita semua tahu bahwa Protein sangat bagus untuk memelihara kesehatan Jantung, mempercepat Metabolisme hingga membentuk Hemoglobin serta Plasma Darah.

3. Lemak

Kandungan Lemak pada daun Pepaya hanya 2 gram, artinya daun ini bisa kamu jadikan menu saat menjalani program menurunkan berat badan.

4. Karbohidrat

Selain itu, daun Pepaya juga mempunyai kandungan Karbohidrat sejumlah 11,9 gram. Ketika asupan Karbohidrat tercukupi, kamu bisa memiliki Energi lebih banyak untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Fosfor

Fosfor menjadi salah satu mineral wajib yang harus diserap oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram daun Pepaya setiap hari, kamu bisa memperoleh asupan Fosfor sejumlah 63 miligram.

Lanjut ada Zat Besi dimana mineral ini punya khasiat untuk mencegah Anemia, meningkatkan kualitas tidur hingga mengoptimalkan daya tahan tubuh. Setiap 100 gram daun Pepaya terkandung 1 miligram Zat Besi.

7. Vitamin A

Kemudian kamu juga bisa mendapatkan 18.250 IU Vitamin A pada setiap 100 gram daun Pepaya. Vitamin A sendiri punya fungsi penting dalam menjaga kesehatan Mata hingga membantu tumbuh kembang Janin di dalam kandungan jika dikonsumsi oleh Ibu hamil.

8. Vitamin B1

Selain Vitamin A, daun Pepaya juga memiliki kandungan Vitamin B1 sebesar 0,15 miligram. Kandungan ini nantinya bermanfaat membantu sel-sel tubuh dalam merubah Karbohidrat menjadi Energi.

9. Vitamin C

Vitamin C menjadi mineral penting yang dapat membantu pembentukan jaringan serta sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak kandungan Vitamin C di dalam tubuh, maka tubuh kamu tidak akan rentan terkena penyakit. Nah, untuk mendapatkan asupan Vitamin C kamu bisa rutin mengkonsumsi daun Pepaya.

10. Air

Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, meningkatkan daya ingat hingga mengurangi risiko penyakit Jantung, tubuh kamu perlu mendapatkan asupan Air yang cukup dengan cara meminum Air putih 8 Liter per hari. Atau bisa juga dengan cara memakan daun Pepaya karena di dalamnya terdapat kandungan Air sebesar 74,4 gram.

11. Kalsium

Selain Fosfor, daun Pepaya juga memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tulang, yaitu Kalsium. Ada sedikitnya 353 miligram Kalsium pada setiap 100 gram daun Pepaya.

12. Carposide

Daun Pepaya juga memiliki kandungan Carposide yang bakal berperan untuk memerangi bakteri cacing dalam tubuh. Bukan hanya itu, kandungan ini juga punya manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

13. Zat Papain

Rasa pahit dari daun Pepaya muncul karena adanya kandungan Zat Papain. Sementara itu, perlu diketahui bahwa Zat Papain ternyat mampu menambah nafsu makan karena zat ini memiliki sifat Stomakik. Oleh karena itu, daun Pepaya kerap kita jumpai sebagai Lalapan maupun campuran dalam suatu masakan.

14. Riboflavin

Riboflavin atau Vitamin B2 merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada daun Pepaya Jepang. Ada sekitar 0,50 miligram Riboflavin pada setiap 100 gram daun Pepaya Jepang. Mineral ini punya peran penting untuk menjaga sistem sarah hingga kesehatan mata.

15. Niacin

Berkat adanya kandungan Vitamin B3 atau Niacin, daun Pepaya bisa rutin dikonsumsi agar kebutuhan Pellagra tercukupi. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat menurunkan kada kolesterol hingga mencegah Hipertensi (tekanan darah tinggi).

16. Natrium

100 gram daun Pepaya juga mengandung sekitar 4 mg Natrium. Bagi yang belum tahu, Natrium sendiri merupakan mineral yang berfungsi untuk mengelola keseimbangan cairan dalam tubuh sekaligus mengatur tekanan darah.

17. Zinc

Kandungan daun Pepaya lainnya adalah Zinc. Tubuh kita membutuhkan asupan Zinc antara 8 sampai 11 mg per hari. Disini, 100 gram daun Pepaya bisa menyuplai sedikitnya 1,5 mg Zinc. Ketika asupan Zinc tercukupi, maka sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat sehingga tidak mudah terserang virus dan penyakit.

18. Beta-Karoten

Terakhir, daun Pepaya Jepang maupun jenis lainnya memiliki kandungan Beta-Karoten sebanyak 5.409 mcg. Ada banyak manfaat dari mineral ini, salah satunya adalah mengurangi risiko mata mengalami Katarak maupun Degenerasi Makula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...