SAYURAN KUCAI


 A. PENGERTIAN KUCAI

Kucai (Allium tuberosum Rottler ex Spreng. dan A. ramosus), atau bawang kucai serta daun kucai, dikenal sebagai sayuran daun. Kucai jarang dipakai dalam menu masakan Indonesia. Nama kucai berasal dari Bahasa Hokkian, "Kú-chhài". Penggunaannya umum dalam masakan Tionghoa, seperti bubur ayam. Pada budaya boga Tiongkok dan Jepang, kucai merupakan bahan campuran isi Jiaozi (Gyōza).

Kucai berdaun pipih dan bunganya berwarna putih. Kucai berbeda dengan Lokio ("bawang batak", A. chinense), A. schoenoprasum L (chives), yang berdaun silinder (gilig) dan berongga. Aroma kucai lebih dekat ke Bawang putih daripada lokio, sehingga dalam bahasa Inggris disebut garlic-chives dan dalam bahasa Jerman disebut Knoblauch-Schnittlauch.

B. MANFAAT KUCAI

Berikut adalah beberapa manfaat dari kucai diantaranya yaitu:

  1. Mencegah Kanker

Mengonsumsi banyak sayuran dapat mencegah risiko berbagai penyakit kanker. Beberapa penelitian secara khusus menemukan bahwa daun kucai memiliki efek antikanker. Khususnya mencegah kanker gastrointestinal. Hal ini karena senyawa yang mengandung belerang dan efek antimikroba. 

  1. Meningkatkan Tidur dan Suasana Hati

Daun kucai mengandung sedikit kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga struktur membran sel. Kolin juga membantu meningkatkan suasana hati, memori, kontrol otot, dan fungsi otak dan sistem saraf lainnya. 

Daun kucai mengandung sedikit kolin, yaitu 0,16 mg per sendok makan. Kamu perlu makan daun kucai dalam jumlah banyak dan makanan lain untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

  1. Mencegah Osteoporosis

Daun kucai mengandung vitamin K, komponen penting dalam kepadatan tulang. Vitamin K direkomendasikan pada masa kanak-kanak dan awal masa bayi untuk meningkatkan kepadatan tulang sepanjang hidup.

 Makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin D, seperti daun kucai, dapat membantu mencegah osteoporosis berkembang di kemudian hari. 

  1. Meningkatkan Memori

Daun kucai juga mengandung kolin dan folat. Masing-masing komponen tersebut dapat meningkatkan fungsi memori. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang banyak mengonsumsi makanan mengandung kolin berisiko lebih rendah terkena Alzheimer. 

C. KANDUNGAN GIZI KUCAI

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 1 sendok makan daun kucai cincang mengandung beberapa nutrisi berikut:

  • - Energi: 0,9 kalori
  • - Vitamin K: 6,38 mikrogram (mcg), atau 5% dari nilai harian.
  • - Vitamin C: 1,74 miligram (mg), atau 2% dari nilai harian.
  • - Folat: 3,15 mcg, atau 1% dari nilai harian.
  • - Vitamin A: 6,43 mcg, atau 1% dari nilai harian.
  • - Kalsium 2,76 mg, atau kurang dari 1% dari nilai harian.
  • - Kalium 8,88 mg, atau kurang dari 1% dari nilai harian.

Sekilas daun kucai mirip dengan daun bawang, karena ia memang masih satu famili dengan daun merah, daun putih, dan daun bawang. Siapa sangka jika daun kucai mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan. Sebut saja vitamin A, vitamin K, folat, vitamin C, hingga kalsium. Ada baiknya jika kamu menambahkan daun kucai ke dalam makanan lebih sering untuk merasakan manfaat kesehatannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...