SAYURAN TAUGE


 A. PENGERTIAN SAYUR TAUGE/KECAMBAH

Kecambah atau Taoge adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.

Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama: radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Dua kelas dari tumbuhan berbunga dibedakan dari cacah daun lembaganya: monokotil dan dikotil. Tumbuhan berbiji terbuka lebih bervariasi dalam cacah lembaganya. Kecambah pinus misalnya dapat memiliki hingga delapan daun lembaga. Beberapa jenis tumbuhan berbunga tidak memiliki kotiledon, dan disebut akotiledon.

B. MANFAAT TAUGE/KECAMBAH

Berikut beberapa manfaat tauge/kecambah yang bisa saya jelaskan diantaranya yaitu

1. Menyehatkan sperma

Apakah toge bisa meningkatkan kualitas sperma? Menurut studi berjudul Effect of Mung Bean Sprouts Extract to the Morphology and Motility Spermatozoa in Mice Exposed Monosodium Glutamate yang terbit dalam International Journal of Preventive and Public Health Sciences, toge kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, selenium, dan zinc. 

Nutrisi ini tubuh perlukan untuk produksi sperma yang sehat dan meningkatkan kualitas sperma. Vitamin C dapat melindungi sperma dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan mobilitas sperma.

2. Kesehatan Pencernaan 

Taoge adalah makanan yang mengandung vitamin C, zat besi dan zink. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut sejumlah ahli meyakini, bahwa zat gizi yang terkandung cukup mudah untuk dicerna oleh tubuh. 

Hal inilah yang kemudian menjadikan sayuran ini sebagai pilihan makanan saat seseorang tengah mengalami masalah pencernaan.

3. Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh

Rutin mengonsumsi taoge bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sebab, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu mempertahankan dan menyeimbangkan jumlah sel dalam darah. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Para ahli berkeyakinan kalau mengonsumsi taoge secara konsisten dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab. toge termasuk jenis makanan yang banyak mengandung lemak omega-3. Lemak baik ini dapat membantu memerangi lemak jahat dalam tubuh, dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. 

5. Membantu menjaga Kekebalan tubuh

Toge mengandung vitamin C yang bisa menjadi booster bagi sistem imun alias kekebalan tubuh. Saat seseorang memiliki sistem imun yang baik, biasanya dia akan memiliki risiko terserang penyakit lebih rendah.

6. Menjaga kebugaran tubuh

Sayuran ini juga memiliki sejumlah kandungan vitamin lainnya, termasuk vitamin A. Seluruh kandungan ini tentunya penting untuk membuat tubuh lebih bugar dan segar. Selain vitamin A, manfaat kebugaran ini juga dapat kamu peroleh dari beberapa enzim yang terkandung dalam toge.

7. Mencegah kanker 

Menurut para pakar, protein dan peptida yang terkandung dalam toge juga diyakini dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena kedua nutrisi tersebut memiliki potensi untuk melambatkan perkembangan sel kanker.

8. Dapat menjaga kesehatan mata

Taoge memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dari berbagai gangguan. 

9. Mengurangi kecemasan dan stres

Menurut penelitian tim peneliti Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran di Universitas Adelaide, yang terbit dalam The Chemistry Central Journal berjudul A review of phytochemistry, metabolite changes, and medicinal uses of the common food mung bean and its sprouts (Vigna radiata), menyebutkan sayuran kecambah ini merupakan sumber magnesium, seng, dan vitamin C yang baik.

10. Menjaga kesehatan kulit

Tingkat antioksidan pada toge tergolong tinggi. Senyawa fenolik padanya berpotensi dapat mengurangi aktivitas radikal bebas di seluruh tubuh. Antioksidan juga dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan dan bekas luka, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

C. KANDUNGAN GIZI TAUGE/KECAMBAH

Kandungan nutrisi dalam secangkir tauge atau 104 gramnya adalah 31 kalori, Karbohidrat 6 gram, protein: 3 gram, vitamin C: 15 persen angka kecukupan gizi (AKG), Folat: 16 persen dari AKG, Besi: 5 persen dari AKG.


“Taoge (toge) tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan melainkan untuk kesehatan secara keseluruhan. Contohnya meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, elastisitas kulit, dan meningkatkan metabolisme tubuh.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...