SAYURAN PETE

A. PENGERTIAN SAYURAN PETE

Petai, Pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daun majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe Buah Plong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Biji petai, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu. Sambal Goreng Hati tidak lengkap tanpa petai. Sambal petai juga merupakan menu dengan petai.

B. MANFAAT PETAI/PETE

Berikut adalah beberapa manfaat petai bagi keshetan tubuh diantaranya yaitu:

1. Membantu pengobatan diabetes melitus

Hiperglikemia yang terjadi akibat gangguan insulin dalam tubuh mencirikan diabetes sebagai gangguan metabolisme. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai penyebab, termasuk pola makan dan genetik. 

Kamu bisa menggunakan petai cina sebagai alternatif obat untuk membantu mengatasi penyakit diabetes melitus.

2. Membantu pengobatan penyakit kanker

Ekstrak bijinya juga dapat melawan radikal bebas dan menurunkan kemungkinan terkena kanker. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai minuman atau langsung memakannya.

Tanin merupakan salah satu kandungan yang ada pada makanan ini. Salah satu keunggulan bahan kimia polifenol yang berasal dari tumbuhan ini, juga dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh akibat radikal bebas.

3. Petai cina dapat menjaga kesehatan mata

Terlalu sering bekerja di depan gadget tentu akan memengaruhi kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam tumbuhan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Mengatasi infeksi di saluran pencernaan

Daun petai cina merupakan bagian yang mengandung manfaat terbesar. Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang terdapat pada daun ini memiliki sifat antibakteri. Daun ini bisa mengobati infeksi Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Bagian daun petai cina juga sering menjadi bahan alami dalam pengobatan tradisional untuk meredakan pembengkakan, iritasi, dan luka terbuka. Karena daun ini mengandung zat kimia saponin yang mempercepat proses penyembuhan luka terbuka

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Daun dari petai cina juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan enzim pada daunnya meningkatkan produksi kolagen yang sehat pada kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering dan kusam.

7. Petai cina mampu mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam petai cina cukup baik. Dengan begitu, mengonsumsi makanan ini bisa membantu mengoptimalkan jumlah zat besi dalam tubuh.

Ketika jumlah zat besi dalam tubuh tercukupi, hal ini akan membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi lebih optimal. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kondisi anemia.

8. Mengoptimalkan fungsi otak

Kandungan potasium dalam petai cina dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini membuatmu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada otak. Contohnya, seperti penurunan kemampuan mengingat hingga fokus yang menjadi kurang optimal.

9. Mengatasi sembelit

Petai cina memiliki kandungan serat di dalamnya. Nah, salah satu fungsi serat serat adalah untuk mencegah serta mengatasi sembelit yang terjadi.

Serat akan mengoptimalkan penyerapan air pada feses yang membuat feses menjadi lebih lembut. Dengan begitu, feses menjadi lebih mudah keluar. 

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Makanan ini mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk mengoptimalkan kesehatan tulang. Ketika kesehatan tulang menjadi lebih baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti osteoporosis.

C. KANDUNGAN NUTRISI PETAI

Petai  mengandung banyak penting, seperti serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, daunnya mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, dan C.

Daun pete cina juga mengandung flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tanaman ini juga mengandung mineral untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. 


“Petai  menjadi salah satu petai yang banyak menjadi campuran jenis makan tertentu. Meskipun kecil, ada berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah diabetes hingga mencegah anemia.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...