SAYURAN SLEDRI


 A.PENGERTIAN SAYURAN SLEDRI

Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

B. MANFAAT SAYURAN SLEDRI

setidaknya ini manfaat seledri bagi kesehatan:


1. Mendukung kesehatan jantung

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, sayuran ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Termasuk potasium dan kalsium, yang penting untuk kesehatan jantung. Di dalamnya juga mengandung folat dan vitamin K, keduanya diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah yang efektif. 


Sayuran ini juga merupakan sumber senyawa tanaman pelindung yang disebut flavonoid, yang memiliki efek antiinflamasi dan perlindungan pada sistem kardiovaskular. Menjalani pola makan dengan sumber makanan berserat seperti seledri, bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
Stres oksidatif dan peradangan pada aliran darah menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan jantung yang paling utama. 


2. Mendukung fungsi pencernaan

Sayuran ini merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik, yang penting untuk fungsi pencernaan. Kandungan fitonutrien juga bermanfaat untuk melindungi mukosa pencernaan, dan mencegah tukak lambung.


3. Mengontrol tekanan darah

Beberapa praktisi pengobatan Cina, memanfaatkan ekstraknya untuk menurunkan tekanan darah. Studi dari PubMed Central melihat efek ekstrak bijinya pada tekanan darah tikus yang memiliki tekanan darah normal atau hipertensi buatan.

4. Seledri dapat meredakan hiperlipidemia

Hiperlipidemia mengacu pada peningkatan molekul lemak dalam darah. Kondisi ini sering kali tidak bergejala, tapi dapat meningkatkan risiko jangka panjang penyakit jantung dan stroke. 


5. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Dengan indeks glikemik yang rendah dan kandungan serat yang tinggi, sayuran ini bermanfaat bagi mereka yang perlu memantau kadar gula darahnya. Studi juga menunjukkan bahwa cara ini juga efektif untuk mengurangi kadar glukosa darah.


6. Mencegah kanker

Sayuran ini juga bisa membantu kamu untuk mencegah penyakit kanker. Seledri mengandung antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya.


Antioksidan membantu melindungi tubuh mencegah terjadinya stres oksidatif yang memicu pertumbuhan sel kanker.

7. Mencegah Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bijinya mengandung L-3-n-butylphthalide yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memori. Kandungan ini bisa menurunkan risiko dan mencegah penyakit Alzheimer.


8. Seledri dapat menjaga kesehatan mata

Antioksidan dalam seledri mampu mencegah mata dari paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata. Kamu bisa menurunkan risiko gangguan, seperti pandangan buram, mata kering, hingga makula degenerasi.


Selain dari seledri, ada juga beberapa buah yang kaya akan vitamin A, yang baik untuk mata. Cek di sini → Kaya Nutrisi, Ini Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A


9. Menurunkan berat badan

Sayuran ini mengandung serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu, kalorinya juga terbilang cukup rendah. Hal ini membuat seledri menjadi salah satu sayuran yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan.


10. Mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan

Bagi ibu hamil, cobalah untuk mengonsumsi sayuran ini. Kandungan folat di dalamnya membuat perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi lebih optimal. Selain itu, ibu akan terhindar dari berbagai komplikasi yang rentan terjadi selama kehamilan.


C. KANDUNGAN NUTRISI DALAM SAYURAN SLEDRI 


Seledri mengandung berbagai nutrisi penting yang memberikan dampak positif bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dalam daun seledri:

--> Air 93 ml 
-->  0,1 gr 
-->  Karbohidrat 4 gr 
--> Protein 0,9 gr 
--> Serat 0,9 gr
--> Kalsium 50 mg
--> Besi 1 mg
--> Fosfor 40 mg
--> Yodium 150 mg
--> Kalium 400 mg
--> Magnesium 85 mg
--> Vitamin A 130 IU
--> Vitamin K 15 mg
--> Vitamin C 15 mg
--> Riboflavin 0.05 mg
--> Tiamin 0.03 mgN

"Ada berbagai manfaat seledri untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kualitas sperma hingga mendukung fungsi pencernaan."





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAYURAN DAUN KELOR

  A. PENGERTIAN SAYURAN DAUN KELOR Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau keco...